OpenVPN vs PPTP VPN Mana Yang Lebih Baik

Memilih server VPN terbaik antara OpenVPN dan PPTP VPN yang anda buat sendiri bukan hal yang mudah. Keduanya memiliki keunggulan dan kelebihan namun dibedakan oleh protokol internet VPN yang digunakan. Dengan enkripsi hingga 256 bits Open VPN memang lebih aman namun dari sisi kemudahan setting, PPTP VPN lebih praktis dan cepat.

server vpn terbaik

Image courtesy of renjith krishnan / FreeDigitalPhotos.net


Baik OpenVPN dan PPTP memiliki fungsi yang sama yaitu mengamankan koneksi internet melalui server virtual private network melalui enkripsi transfer data dan menyembunyikan alamat IP komputer yang anda gunakan.

Tidak bisa dipungkiri lagi, penggunaan internet vpn bertujuan mengamankan semua aktivitas komputer saat terhubung dengan jaringan internet. Entah untuk mengakses server kantor, kampus atau hanya sekedar melindungi privasi online di area wifi hotspot.


Software OpenVPN

OpenVPN adalah open source software yang resmi dirilis pada tahun 2002. Menjadi populer karena bisa digunakan melewati Wireless access points (WAP), Firewalls dan HTTP proxy server. OpenVPN memungkinkan anda untuk menggunakan port yang berbeda dan melakukan bypass firewall milik client maupun server.

Dengan enkripsi transfer data hingga 256 bits, Open VPN sangat cocok bagi anda yang mengutamakan faktor keamanan. Bila dibandingkan PPTP VPN yang hanya menggunakan enkripsi 128-bit, jelas OpenVPN lebih unggul.

openvpn server
  • Baca juga : Bagaimana Cara Menggunakan OpenVPN Sebagai Client?

OpenVPN bekerja dengan protokol OpenSSL untuk enkripsi kedua saluran kontrol dan data. OpenSSL adalah protokol yang digunakan dalam mengenkripsi informasi kartu kredit. Jadi, tidak diragukan lagi kualitas keamanannya. Konfigurasi OpenVPN sebagai client maupun server memang lebih rumit bila dibandingkan koneksi PPTP VPN.

Anda juga harus mendownload OpenVPN client dan melakukan setting sesuai server yang digunakan. Karena keunggulan sisi keamanan inilah yang membuat banyak instansi besar seperti ITB (Institut Teknologi Bandung) menggunakan software virtual private notwork milik OpenVPN.


Koneksi PPTP VPN

PPTP menjadi pilihan populer jaringan virtual private network karena kemudahan dalam setting maupun penggunaan. Anda tidak perlu melakukan instalasi VPN client agar bisa terhubung dengan jaringan server PPTP VPN. Koneksi Point to Point Tunneling Protocol bisa berjalan di berbagai sistem operasi seperti Microsoft Windows, Linux, MacOS X, iPhone OS, dan Android OS sudah memiliki built in protokol ini.

server pptp vpn
  • Baca juga : Tutorial Lengkap Cara Setting PPTP VPN Server di Windows 7

Anda hanya membutuhkan nama server, vpn account meliputi nama pengguna dan kata sandi untuk dapat terhubung dengan server PPTP VPN. Koneksi jenis ini paling banyak digunakan pada area wifi hotspot untuk melindungi privasi online dan mencegah pihak lain yang ingin meretas perangkat smartphone atau tablet yang anda gunakan di area hotspot.


Kesimpulan OpenVPN vs PPTP VPN

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Untuk anda yang membutuhkan keamanan data tingkat tinggi, OpenVPN lebih lebih unggul dengan enkripsi 256 bits didukung protokol OpenSSL. Sedangkan dari sisi kecepatan akses internet, PPTP VPN sedikit lebih cepat karena enkripsi traffic data yang tidak terlalu ketat.

Dari segi setting dan konfigurasi, PPTP VPN lebih mudah karena anda tidak memerlukan pengaturan VPN client maupun software tambahan.

Posting Komentar